PERAN PERAWAT DALAM MEMBERIKAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PASIEN PASCA STROKE

          Stroke adalah suatu penyakit gangguan fungsianatomi otak yang terjadi secara tiba-tiba dan cepat yang disebabkan karena adanya perdarahan di otak. Penderita pasca stroke akan mengalami depresi atau tekanan. Penderita pasca stroke memerlukan adanya dukungan sosial dari keluarga dan orang-orang terdekat untuk selalu memberikan arahan positif yang nantinya dapat mempengaruhi kesembuhanya.
Dalam proses penyembuhan pasien, perawat turut berperan dengan melakukan proses keperawatan salah satunya dalam bentuk caring. Dalam kasus ini, penderita memerlukan suatu dukungan sosial dari orang lain dengan tujuan agar penderita dapat menerima keadaan dirinya setelah mengalami stroke. Dukungan sosial dari perawat bisa dalam bentuk memberikan rasa nyaman, motivasi, mengajak berinteraksi, dan memberikan rasa aman.
Pasien pasca stroke biasanya menjadi lebih sensitif. Perawat dapat memberikan rasa nyaman agar pasien merasa nyaman dan tidak sensitif terhadap lingkungan sekitarnya. Selain itu, perawat dapat memberikan motivasi kepada pasien, hal ini bertujuan untuk membuat pasien berfikir positif tentang diri dan keadaanya. Dengan memberikan motivasi juga dapat membuat pasien lebih tegar dalam menjalankan kehidupannya sehingga pasien akan lebih mudah menerima keadaan dirinya pasca stroke. Cara lain yang dapat dilakukan perawat dalam kasus ini adalah senantiasa mengajak pasien berinteraksi, dengan harapkan pasien dapat lebih terbuka dengan orang lain. Interaksi ini sebagai bentuk pelatihan perawat kepada pasien agar pasien tidak kesulitan saat berinteraksi dengan orang lain. Selain itu perawat dapat memberikan rasa aman, artinya perawat memberi kenyamanan dan perhatian lebih kepada pasien sehingga pasien merasa terlindungi walaupun dalam kondisi sakit. Dengan seperti itu, penderita tidak akan merasa takut terhadap segala kemungkinan yang akan terjadi terhadap dirinya.



DAFTAR PUSTAKA :
Najoan, Kartika Tivani.,dkk. 2016. Hubungan Dukungan Sosial dengan Penerimaan Diri Pasien Pasca Strok. Universitas Smratulangi Manado. Volume 4 Nomor 2. file:///E:/UUS%20TITIP/JURNAL.pdf. (Diakses pada 15 Oktober 2016).

0 komentar:

Posting Komentar

apa komentar dari kalian mengenai postingan ini ??:)

Páginas

 
trihar Blog Design by Ipietoon